Cara Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Cara Menurunkan Tekanan Darah Tinggi - Penderita hipertensi atau tekanan darah tinggi sebaiknya selalu perhatikan asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh Anda. Pola makan dan juga jenis makanan sangat berpengaruh pada tekanan darah Anda. Biasanya penderita hipertensi atau darah tinggi sering mengkonsumsi makan-makanan yang enak di lidah tanpa memikirkan akibatnya.

Darah tinggi atau dalam bahasa ilmiah disebut hipertensi merupakan salah satu penyakit yang disebabkan gaya hidup tidak sehat. Selain itu darah tinggi atau hipertensi bisa juga disebabkan karena keturunan, stress, umur atau usia, terlalu banyak konsumsi sodium, kebiasaan minum minuman beralkohol, dan juga merokok.

Cara Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Tekanan darah tinggi diakibatkan oleh pengaruh stres atau aktifitas fisik yang berlebihan, peregangan otot, dan penyempitan pembuluh darah. Apa yang harus dilakukan agar tekanan darah kembali normal? Tentu kita harus melemaskan otot – otot kita.

Hampir semua orang dapat mengalami tekanan darah tinggi. Badan Kesehatan Dunia (WHO) menyebut angkanya saat ini terus meningkat secara global. Peningkatan orang-orang dewasa di seluruh dunia yang akan mengidap hipertensi diprediksi melonjak hingga 29 persen pada tahun 2025.

Peningkatan kasus hipertensi juga terjadi di Indonesia. Data Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) milik Kemenkes RI tahun 2013 menunjukkan bahwa 25,8 persen penduduk Indonesia mengidap hipertensi. Laporan Survei Indikator Kesehatan Nasional (Sirkesnas) menunjukkan angka pengidapnya meningkat jadi 32,4 persen. 

Ini artinya ada peningkatan sekitar tujuh persen dari tahun-tahun sebelumnya. Angka pasti di dunia nyata mungkin bisa lebih tinggi dari ini karena banyak orang yang tidak menyadari mereka memiliki tekanan darah tinggi.